Langsung ke konten utama

Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Tubuh



Anggur merupakan salah satu buah populer di dunia, tekstur, rasa dan jenisnya yang bermacam, serta banyak manfaat yang dipopulerkan dari mengonsumsi buah ini membuat anggur semakin digemari. Anggur juga dipercaya dapat mencegah penyakit berbahaya diantarannya seperti kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan konstipasi. Berbagai penelitian menunjukan bahwa konsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur dan buah-buahan dapat menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, kanker, bahkan kematian.

Dalam 100 gram buah anggur (10 buah = 49 gram) mengandung 69 kalori. Kandungan air pada buah ini tergolong tinggi. Sehingga baik untuk kesehatan mencegah dehidrasi. Anggur juga merupakan sumber vitamin A, C, B6, Float, Mineral potassium, Kalsium, Zat besi, Fosfor, Magnesium, dan Selenium.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan


Mencegah Kanker

Anggur mengandung antioksidan polifenol, yang bermanfaat untuk mencegah serta memperlambat pertumbuhan kanker, termasuk kanker esofageal, kanker paru-paru, kanker mulut, kanker faring, kanker pankreas, kanker prostat, kanker payudara, dan kanker kolon.

Selain itu, anggur juga mengandung kandungan seperti anti-inflamai, antosainin dan proantosiandin yang merupakan anti-proliferasi yang menghambat pertumbuhan agen penyebab kanker.

Mencegah Penyakit Jantung

Anggur mengandung flavolnoid quercetin yang merupakan anti-inflamasi alami yang mampu menurunkan risiko atherosclerosis serta mencegah kerusakan karena kolestrol LDL. Quercetin juga memiliki efek anti-kanker.

serta dan potassium pada anggur juga mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan potassiun diiringi dengan penurunan asupan sodium dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi 4.069 mg potassium setiap hari dapat menurukan risiko kematian karena penyakit jantung iskemik 49%. Asupan tinggi potassium juga dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit stroke, perlindungan terhadap kehilangan masa otot, melindungi kepadatan tulang, serta menurunkan resiko batu ginjal. Selain dari pada itu, anggur juga membantu meningkatkan kadar nitrit oksida dalam darahm yang dapat mencegah pembekuan darah. Maka dari itu , efektif untuk mengurangi serangan jantung. 

Mencegah Tekanan Darah Tinggi 

Potassium memilik banyak manfaat, asupan potassium yang rendah akan meningkatkan resiko perkembangan tekanan darah tinggi karena asupan sodium akan meningkat. Maka dari itu, disarankan bagi penderita tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi buah anggur. Karena buah anggur memiliki kandungan potassium yang tinggi, juga bermanfaat dalam menurunkan resiko kematian karena berbagai faktor sebesar 20%.

Mencegah Diabetes 

Penelitian menunjukan bahwa konsumsi 3 porsi anggur, bluebbery, kismis, apel serta pir setiap minggu dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Anggur juga merupakan buah yang mengandung indeks glikemik rendah, yaitu 43-45 sehingga tidak menaikkan gula darah dengan cepat. Anggur juga berperan dalam menjaga keseimbangan gula darah, regulasi insulin yang baik dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Menjaga Kesehatan Tulang 

Anggur merupakan sumber zat gizi mikro seperti tembaga, zat besi, serta mangan. Menambahkan anggur ke dalam diet secara teratur dapat mencegah timbulnya penyakit tulang terkait usia seperti osteoporosis, dan mangan merupakan elemen penting  bagi tubuh yang dapat membantu metabolisme protein, pembentukan kolagen, dan fungsi sistem saraf.

Memperlambat Penuaan 

Manfaat anggur lainnya adalah membantu mencegah penyakit degeneratif, mengaktifkan gen panjang usia, dan membantu sel hidup lebih lama karena anggur mengandung kandugan resveratol. Selain itu, anggur juga mengandung lemak tak jenuh ganda, seperti lemak esensial linoletnal. Kandungan ini berfungsi untuk melindungi, mengurangi, dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akibat Terlalu Sering Minum Kopi

Bagi anda penikmat kopi, belum lengkap rasanya di pagi hari belum menyeruput hangat serta aroma khas kopi. Memang kopi mempunyai manfaat bagi kesehatan tapi kebanyak minum kopi juga berefek negatif pada kesehatan. Menurut Maria Saleh salah satu pakar kesehatan menerangkan bahwasanya, minum kopi memang memiliki baik kesehatan antaranya meningkatkan stamina, merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan gairah serta menjaga tubuh dari polusi udara seperti asap kotor, dan paparan sinar ultraviolet. Namun di balik manfaat yang terdapat pada kopi, jika mengonsumsi secara berlebihan kopi juga mengakibatkan banyak efek samping berbahaya bagi kesehatan. Karena itu ada baiknya kita mengethaui bahaya atau dampak yang ditimbulkan bila mengonsumsi kopi berlebihan. Insomnia Salah satu alasan kenapa orang suka minum kopi karena agar tetap terjaga dan tidak mudah ngantuk. Karena hal itu justru akan membuat seseorang menjadi susah tidur atau insomnia yang akan berdampak pada kesehatan.